Ingl├ęs

Lindungi diri Anda dari penipuan dan spoofing di Neteller / Skrill

Scammers tidak tidur dan lebih aktif dari sebelumnya selama periode Covid-19

Karena pandemi Covid-19, aktivitas online menjadi lebih sering, dan karena itu, penting untuk mempelajari cara mengidentifikasi penipuan dan upaya pencurian identitas. Dalam artikel ini, kami memberikan ikhtisar lengkap dari berbagai upaya penipuan yang mungkin Anda temui, bagaimana Anda dapat menghindarinya, dan apa yang harus Anda lakukan untuk memastikan keselamatan Anda.

Hanya perlu beberapa menit untuk membaca informasi berikut untuk mempelajari tentang scammers dan tidak tertipu oleh scam mereka.

Email pencurian identitas (Email phishing)

Scammers sering mengirim email link phishing ke berbagai macam orang. Tautan ini dapat menginstal program kecil yang dirancang untuk menangkap semua penekanan tombol yang dilakukan oleh keyboard (keyloggers), memindai informasi penting di komputer Anda, atau mengizinkan peniru untuk mengakses komputer Anda dari perangkat.

Pencurian identitas (Spear phishing)

Itu adalah ketika seseorang memiliki tujuan tertentu untuk mencuri data pribadi Anda, seperti; nama, email, dokumen identitas, dll.

Pesan teks

Anda mungkin menerima pesan teks yang meminta Anda untuk mengonfirmasi detail atau mengklik tautan. Sebagian besar perusahaan terkemuka tidak akan pernah meminta Anda untuk mengirim informasi rahasia melalui pesan teks.

Panggilan

Terkadang, Anda mungkin menerima panggilan telepon dari scammers yang meminta Anda untuk memverifikasi informasi akun Anda. Hati-hati, jangan berikan detail login Anda. Kami tidak akan pernah meminta Anda untuk melakukannya.

Bagaimana mengenali percobaan pencurian identitas?

Ikuti tips di bawah ini dan Anda akan lebih siap untuk melindungi diri dari upaya phishing.

  • Apakah Anda mengharapkan panggilan, email, atau pesan teks? Jika tidak, itu bisa menjadi penipuan.
  • Apakah Anda tahu dari siapa itu berasal? Jika Anda tidak menerima konfirmasi, itu adalah upaya peniruan identitas.
  • Bisakah Anda segera memverifikasi siapa yang mengirimnya? Gunakan ID penelepon, periksa alamat email, atau temukan nomor dari mana Anda menerima pesan.
  • Apakah itu tautan ke situs web yang Anda tahu? Anda dapat menggerakkan mouse ke atas tautan untuk memeriksa situs web mana yang ada di belakang.
  • Apakah Anda memiliki lampiran? Jangan pernah mengunduh lampiran kecuali dari seseorang yang Anda kenal.
  • Apakah mereka meminta uang, referensi atau informasi rahasia? Perusahaan terkemuka tidak akan pernah memintanya tanpa Anda terlebih dahulu menghubungi mereka.
  • Apakah ada kesalahan ejaan atau tata bahasa? Kesalahan ejaan dan tata bahasa adalah tanda upaya phishing.
  • Apakah scammer mencoba membuat Anda segera bertindak? Scammers sering mencoba untuk membuat Anda bertindak segera.

Hati-hati dengan iklan palsu

Banyak phishing dan scammers menggunakan iklan palsu dari perusahaan terkemuka untuk membuat korbannya mengklik. Ini termasuk:

  1. Situs web phishing yang mencerminkan perusahaan dan merek. Kami telah menemukan situs web yang mengklaim sebagai Paysafe, Skrill, NETELLER, dan Paysafecard.
  2. Situs web “Doppelganger” dengan domain yang tidak biasa untuk merangsang pengunjung untuk mengklik, misalnya: www.neteller.co.com
  3. Phishing atau email iklan berbayar yang muncul sebagai iklan banner atau di mesin pencari. Ini adalah beberapa praktik phishing yang paling umum, jadi berhati-hatilah.

Bagaimana cara menghindari serangan pencurian identitas?

  1. Gunakan hanya aplikasi Paysafe resmi untuk mengakses akun Anda.
  2. Selalu periksa alamat situs web yang Anda kunjungi. Periksa alamat email tempat Anda menerima surat, periksa semua tautan yang dikirimkan kepada Anda atau yang Anda kunjungi, hanya unduh lampiran dari sumber tepercaya.
  3. Tetap waspada. Jika Anda diminta untuk memberikan informasi rahasia, pastikan ini hanya dilakukan secara resmi.

Dan ingat, Paysafe tidak akan pernah meminta Anda untuk informasi rahasia (seperti detail kartu atau kata sandi Anda) melalui email, telepon, atau pesan teks. Neteller / Skrill hanya akan mengirimkan kode keamanan ke ponsel Anda atau melalui email jika Anda meminta kode tersebut saat masuk ke akun Neteller / Skrill Anda atau untuk mengotorisasi transaksi.

Author: editor

Leave a Reply

Your email address will not be published.