Inglés

Akankah Rusia terpisah dari kelompok pemain internasional?

Rusia sedang mempertimbangkan untuk memisahkan Internet

Pemerintah Rusia berencana meluncurkan Internetnya sendiri

Presiden Rusia Vladimir Putin berencana untuk memisahkan Rusia dari World Wide Web (www).

Ini menurut laporan oleh kantor berita Rusia TASS pada hari Rabu. Berita itu menyoroti: “Presiden Rusia Vladimir Putin menandatangani undang-undang untuk memastikan operasi yang stabil dari Internet Rusia (Runet) jika terputus dari infrastruktur global World Wide Web.”

Menurut undang-undang, jika ini berhasil dalam praktiknya, pemerintah akan memerangi “ancaman terhadap operasi Internet Rusia yang stabil, aman, dan komprehensif di wilayah Rusia” dengan memusatkan “jaringan komunikasi umum”. Undang-undang membuka pintu ke sistem nama domain alternatif (DNS) untuk Rusia jika terputus dari World Wide Web, atau diyakini jika politisi Rusia menganggap pemisahan itu menguntungkan. Penyedia layanan internet akan dipaksa untuk berpisah dari server pihak ketiga dan sebaliknya bergantung pada DNS Rusia.

Regulator media pemerintah Rusia dan perusahaan teknologi topnya telah menyuarakan dukungan untuk langkah ini. Dapat diasumsikan bahwa ini lebih bersifat retoris daripada kebijakan yang sebenarnya dan akan jauh lebih sulit untuk mengimplementasikan segala sesuatu seperti yang disarankan oleh kebijakan tersebut.

Undang-undang baru akan memberikan kontrol terpusat dari lalu lintas Internet umum, secara permanen menghilangkan kebutuhan untuk mengirim dan menerima data ke server di luar negeri. Kontrol ini akan memperkenalkan pemantauan aktivitas setiap pengguna dan sensor ketat terhadap situs web yang dapat dikunjungi oleh pengguna Rusia.

Tes pertama telah dilakukan Menurut Moscow Times, “Rusia akan melakukan tes awal pada pertengahan 2014 untuk menilai respons negara tersebut terhadap kemungkinan pemutusan Internet dari World Wide Web. Tes rahasia seharusnya menunjukkan bahwa isolasi dari Internet Rusia adalah mungkin, tapi itu saja.

The Financial Times mencatat bahwa “RUU tersebut, yang akan berlaku pada 1 November, mengharuskan penyedia layanan Internet untuk menyaring semua lalu lintas melalui node khusus yang dikendalikan oleh Roscomnadzor, sensor Internet Kremlin. Kremlin akan menjadi ISP dan memaksa layanan komunikasi lainnya untuk menguji sistem pada waktu yang tidak ditentukan akhir tahun ini.”

Undang-undang tersebut, yang pertama kali digembar-gemborkan akhir tahun lalu, dipandang sebagai respons terhadap strategi Amerika Serikat untuk memerangi aktor-aktor jahat nasional di dunia maya. Sudah ada batasan yang signifikan untuk pengguna Internet di Rusia, karena banyak situs web diblokir dan penggunaan VPN dilarang. Penting juga untuk dicatat bahwa banyak pengguna masih menggunakan VPN.

Rusia dan China sering menerima peringkat yang sama ketika menganalisis ancaman dunia maya. Rusia sekarang khawatir bahwa negara mereka mengambil jalan yang sama yang telah diambil China menuju penyensoran dan isolasi. Menurut laporan media, sebagian besar orang Rusia melanggar hukum terkait jaringan internet mereka.

Efek pada pasar poker online.

Jika undang-undang baru ini disahkan, tentu saja akan berdampak pada kelompok pemain internasional, karena pemain Rusia akan kalah. Gamer masih akan menemukan cara untuk terus bermain, tetapi ini umumnya hanya memengaruhi pemain profesional, dan pemain kasual biasa tiba-tiba keluar dari pasar.

Namun masih banyak tanda tanya di balik itu semua. Sebenarnya, undang-undang semacam itu dapat disahkan di Rusia, tetapi ada keraguan bahwa itu akan terjadi dan bahwa seluruh Internet akan disensor dan menghilang dari jaringan internasional.

Author: editor

Leave a Reply

Your email address will not be published.